Jumat, Juni 25, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ada Atau Tidak Degradasi Diputuskan Di Kongres Tahunan PSSI

Wacana peniadaan degradasi sudah dibahas ketika PSSI menggelar rapat Exco beberapa hari lalu.  PSSI bakal membawa wacana penghapusan degradasi Liga 1 dan Liga 2 musim ini ke Kongres Tahunan. Agenda tersebut bakal dilangsungkan pada 29 Mei mendatang.

Wacana penghapusan degradasi untuk Liga 1 dan Liga 2 musim ini tengah menjadi perbincangan hangat. Klub terpecah karena ada yang menolak dan setuju.

Munculnya penghapusan degradasi setelah PSSI menggelar rapat komite eksekutif (Exco), beberapa hari lalu. Pembicaraan tersebut terjadi karena anggota Exco, mendapat surat dari klub.

“Bahwa Exco PSSI mengakomodasi surat permohonan dari sebagian besar klub Liga 1 dan Liga 2 tentang permohonan kompetisi tanpa degradasi, namun tetap ada promosi, juara Liga 1 dan juara Liga 2 tetap ada,” kata Plt Sekjen Yunus Nusi, dikutip laman resmi federasi.

“Exco PSSI sebatas memutuskan dalam rapat Exco tanggal 3 Mei 2021 untuk memasukkan agenda ini ke dalam kongres. Nantinya kongres sebagai pengambil keputusan tertinggi dalam organisasi yang akan memutuskan karena terkait dengan jumlah peserta Liga 1 dan Liga 2 di tahun 2022 nanti.” Yunus menambahkan.

Ada sejumlah alasan yang membuat klub mengusulkan penghapusan degradasi. Pertama kompetisi masih dalam suasana pandemi virus corona yang belum berakhir.

Kedua, bagaimana jika sebuah klub ada yang terpapar pemain dan ofisial dalam jumlah banyak. Mengingat, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan klub juga masih belajar soal protokol kesehatan.

“Itu akan menyulitkan klub itu untuk bersaing dengan klub-klub lain. Itu tentu menjadi persaingan yang tidak sehat.”

Yunus memberi contoh melonjaknya kasus virus corona di India. “Lalu bagaimana jika itu terjadi di Indonesia. Ini pasti sesuatu yang dilematis.”

Kemudian, kondisi keuangan klub yang belum stabil karena efek pandemi virus corona. Sponsor sulit untuk mengucurkan dananya di musim ini.

Terakhir kompetisi Liga 1 dan 2 amat mungkin akan terbatas penontonnya. Hal ini akan membuat klub kesulitan untuk mencari pemasukan tambahan.

“Dari semua alasan tadi , Exco PSSI akan membawa persoalan ini Kongres Tahunan untuk dimintakan persetujuan. Kalau kongres setuju ya jalan. Kalau tidak ya akan berjalan seperti biasa. Ada promosi dan degradasi,” ujarnya.

PSSI bakal berkomunikasi dengan AFC dan FIFA, terkait hal ini. Langkah tersebut dilakukan agar federasi sepakbola nasional itu tidak melanggar aturan yang berlaku. (*/goal)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER