Bos Suzuki Ecstar Ingin Lihat Joan Mir Pakai Nomor 1 Setelah Jadi Juara MotoGP 2020

0

Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, berharap Joan Mir menggunakan nomor balap 1 setelah menjadi juara MotoGP 2020. Joan Mir menorehkan pencapaian baru dalam kariernya pada ajang MotoGP 2020.

Gelar juara MotoGP 2020 didapat Joan Mir berkat penampilan yang begitu konsisten dalam kompetisi yang diwarnai dengan hasil yang tidak terduga.

Mir memastikan diri sebagai kampiun dengan finis di posisi ketujuh pada balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020),

Catatan 7 podium (paling banyak pada musim ini) termasuk 1 kemenangan membuat Mir berhak menyematkan namanya dalam menara juara MotoGP.

Pertanyaan berikutnya pun muncul, nomor balap apa yang akan dipakai pembalap asal Mallorca tersebut pada MotoGP 2021.

Seperti diketahui, juara MotoGP berhak untuk memilih nomor keramat “1” sebagai nomor balap mereka pada musim berikutnya.

Davide Brivio tidak menampik bahwa dirinya ingin melihat pembalap bernomor 1 di tim Suzuki Ecstar pada MotoGP musim depan.

Namun begitu, Davide Brivio menyerahkan keputusan soal nomor balap yang akan dipakai pada musim depan kepada Joan Mir.

“Kami belum mendiskusikannya, nomor 1 akan bagus baginya tidak perlu diragukan, tetapi saya tidak tahu. Itu keputusan pembalap,” kata Brivio, dilansir dari AS.

“Di era modern ini, nomor balap adalah sebuah logo, untuk urusan merchandise. Saya ingin melihat nomor 1 di Suzuki lagi. Itu akan terlihat bagus, tetapi saya tidak tahu.”

“Itu terserah Joan,” ucap Brivio menegaskan.

Nomor 1 kurang bersahabat bagi pembalap MotoGP yang mengenakannya.

Tidak pernah ada pembalap yang berhasil mempertahankan gelar di MotoGP/GP500 dengan nomor balap 1 sejak legenda balap Mick Doohan pada 1998.

Pembalap nomor 1 terakhir di Suzuki, Kenny Roberts Jr., juga tidak dapat mempertahankan gelarnya setelah menjadi kampiun kelas para raja pada 2000.

Sejak saat itu hanya ada dua pembalap yang menolak mengenakan nomor 1 kendati menjadi juara yaitu Valentino Rossi (46) dan Marc Marquez (93).

Joan Mir sendiri selalu menggunakan nomor 36 sejak awal kariernya. (sumber: sport as)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here