Jumat, Juni 25, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hasil Kualifikasi MotoGP Prancis 2021 – Dramatis! Quartararo Rusak Pesta Marquez

Persaingan dramatis pada menit-menit akhir mewarnai sesi kualifikasi MotoGP Prancis 2021 di Le Mans, Minggu (15/5/2021).  Fabio Quartararo berhasil merebut pole position pada kualifikasi MotoGP Prancis 2021.

Fabio Quartararo sukses mengamankan posisi start terdepan dengan catatan waktu terbaik waktu 1 menit 32,600 detik. Melengkapi grid terdepan, ada rekan setim Quartararo, Maverick Vinales, dan Jack Miller dari Ducati Lenovo Team.

Persaingan pada kualifikasi MotoGP Prancis 2021 berlangsung dramatis semenjak lima pembalap teratas mencetak lap terbaik pada usaha terakhir mereka.

Kerja keras mereka menggagalkan dominasi Honda yang sempat terlihat sudah mengunci tiga posisi start terdepan. Marc Marquez harus rela melorot dari posisi pertama ke posisi enam setelah catatan waktunya diungguli dalam situasi yang sempat terlihat mustahil.

Jalannya sesi kualifikasi MotoGP Prancis 2021

Kualifikasi MotoGP Prancis 2021 diawali dengan persaingan 12 pembalap terbawah dalam hasil kombinasi untuk lolos ke babak berikutnya. Tantangan dihadapi para pembalap lantaran kondisi lintasan yang masih basah akibat hujan yang turun sebelumnya.

Kejutan terjadi ketika tidak ada satu pun pembalap jagoan yang lolos dari kualifikasi 1 (Q1). Duo Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins, gagal mengamankan dua posisi teratas untuk lolos ke kualifikasi 2 MotoGP Prancis 2021.

Pun demikian dengan sang pemuncak klasemen, Francesco Bagnaia, yang berada di posisi keenam, tepat di bawah Mir (5) dan Rins (4) pada Q1. Sementara Bagnaia apes, situasi berbeda dialami rekannya di akademi VR46, Luca Marini (Esponsorama Racing).

Marini sukses mencuri angin di belakang Bagnaia untuk memperbaiki catatan waktunya dan merebut posisi kedua untuk lolos ke Q2. Posisi pertama secara mengejutkan ditempati oleh Lorenzo Savadori (Aprilia Gresini) yang membukukan catatan waktu lap terbaik 1 menit 42,550 detik.

Savadori bahkan hampir unggul sedetik daripada pembalap lain di Q1!

Pencapaian Savadori ini makin impresif karena dia sempat terjatuh dan harus berlari dari tikungan terakhir menuju garasi tim untuk mengganti motor.

Nasib berbeda dialami rekan setim Savadori, Aleix Espargaro. Terlalu cepat berselebrasi, Espargaro digusur Marini dari posisi kedua. Sesi Q2 MotoGP Prancis juga tidak kalah dramatis dengan para pembalap berlomba-lomba untuk segera mengamankan posisi mereka.

Petronas Yamaha SRT melakukan perjudian dengan mengirimkan Franco Morbidelli dan Valentino Rossi menggunakan ban slick meski lintasan belum benar-benar kering. Keputusan Petronas Yamaha SRT tepat. Namun, mereka gagal memanfaatkan keunggulan dalam pemilihan waktu untuk merebut posisi terbaik.

Jack Miller lebih dahulu mencetak waktu lap yang terbilang kompetitif yaitu 1 menit 34,374 detik pada pertengahan sesi. Catatan waktu Miller ini dua detik lebih cepat dari torehan Rossi yang kehilangan waktu karena hampir terjatuh di tikungan terakhir.

Keunggulan Miller tak bertahan lama semenjak pembalap lain mulai sanggup memperbaiki catatan waktu mereka.

Kejutan datang dari Honda. Tidak begitu diunggulkan karena hasil minor pada awal musim, tiga pembalap Honda justru hampir mendominasi baris start terdepan. Marc Marquez kembali membuat kejutan setelah merebut posisi teratas dengan catatan waktu 1 menit 33,037 detik.

Takaaki Nakagami (LCR Honda) dan Pol Espargaro (Repsol Honda) melengkapi dominasi Honda dengan merebut posisi dua dan tiga.

Keunggulan Honda pun sempat terlihat tak mungkin tersentuh. Sebab, gerimis kembali turun di beberapa sektor. Pembalap juga harus melambatkan kecepatan karena kecelakaan yang dialami Miguel Oliveira (Red Bull KTM).

Namun, lima pembalap berhasil membuat perbedaan pada kesempatan terakhir mereka pada sesi berdurasi 15 menit tersebut. Maverick Vinales menyadarkan publik bahwa persaingan belum berakhir ketika mampu mencetak waktu tercepat di beberapa sektor pertama Le Mans.

Upaya Maverick Vinales tersebut membuahkan hasil. Dia menggusur Marquez dari posisi teratas dengan catatan waktu 1 menit 32,681 detik. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) bergabung dalam pesta dengan merebut posisi tiga besar.

Malang bagi Yamaha, dominasi mereka tidak bertahan lama setelah Jack Miller menggeser Morbidelli ke posisi empat. Johann Zarco (Pramac Racing) melengkapi posisi lima besar sekaligus mengubah posisi start trio Honda dari 1-2-3 menjadi 6-7-8.

Valentino Rossi juga mampu memperbaiki catatan waktu pada akhir sesi. Hanya saja, The Doctor harus puas berada di posisi kesembilan. (*/crash)

Hasil kualifikasi MotoGP Prancis 2021

1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) 1:32.600
2. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) +0.081
3. Jack Miller (Ducati Lenovo Team) +0.010
4. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) +0.166
5. Johann Zarco (Pramac Racing) +0.277
6. Marc Marquez (Repsol Honda) +0.437
7. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) +0.520
8. Pol Espargaro (Repsol Honda) +0.550
9. Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) +0.791
10. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) +1.267
11. Lorenzo Savadori (Aprilia Gresini) +1.658
12. Luca Marini (Avintia Sky VR46) +1.665
13. Aleix Espargaro (Aprilia Gresini)
14. Joan Mir (Suzuki Ecstar)
15. Alex Rins (Suzuki Ecstar)
16.Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team)
17. Danilo Petrucci (KTM Tech3)
18. Iker Lecuona (KTM Tech3)
19. Alex Marquez (LCR Honda Castrol)
20. Tito Rabat (Pramac Racing)
21. Enea Bastianini (Avintia Esponsorama)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER