Hasil Thailand Open II 2021 – Wakil Indonesia Tak Bersisa

0

Wakil Indonesia di sektor ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal melangkahkan kaki ke final Toyota Thailand Open 2021 setelah dijegal pasangan unggulan ketiga asal Korea Selatan Lee So Hee/Shin Seng Chan.

Pada pertandingan semifinal yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Sabtu, Greysia/Apriyani yang merupakan unggulan kelima itu takluk di tangan Lee/Shin dalam dua gim berdurasi 58 menit dengan skor 16-21, 18-21.

Pada gim pertama, Greysia/Apriyani merebut poin-poin awal. Namun Lee/Shin kemudian membuat kedudukan imbang 3-3 dan terus memimpin hingga unggul 9-8.

Wakil Garuda itu bermain cepat dan kedudukan lagi-lagi imbang 9-9. Greysia/Apriyani kembali memimpin.

Namun tak lama, pasangan asal negeri ginseng itu menggebrak pertahanan Greysia/Apriyani. Mereka mengimbangi kedudukan menjadi 16-16, lalu merebut lima poin tanpa balas, sekaligus merebut kemenangan 21-16 pada gim pertama.

Masuk gim kedua, pertarungan antara kedua pasangan itu semakin sengit. Sepanjang pertandingan, mereka saling menyerang dan mencuri poin satu sama lain.

Bahkan beberapa kali mereka berdua bermain imbang dan bergantian memimpin perolehan angka.

Sayangnya, jelang akhir permainan, pertahanan Greysia/Apriyani mulai longgar. Mereka juga tidak sigap mengembalikan bola-bola dari lawan. Kerap kecolongan, akhirnya mereka bertekuk lutut dengan skor penutup 18-21.

Berdasarkan catatan BWF, laga tersebut merupakan pertemuan keenam bagi kedua pasangan itu. Dari lima pertemuan sebelumnya, Greysia/Apriyani sudah mengantongi empat kemenangan.

Meski demikian, apabila ditengok dari segi peringkat, Lee/Shin lebih diunggulkan karena saat ini berada di rangking keempat dunia, sedangkan Greysia/Apriyani bertengger di urutan kedelapan dunia.

Kedua pasangan unggulan itu terakhir bertemu di babak semifinal ajang Yonex Thailand Open 2021 yang baru saja digelar pekan lalu. Waktu itu, Greysia/Apriyani menang rubber game atas pasangan dari negeri ginseng tersebut dengan skor 15-21, 21-15, 21-16.

Dipartai lain, Indonesia harus kehilangan kesempatan menyabet gelar ganda putra Thailand Open 2021 setelah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan disingkirkan wakil Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin di babak semifinal.

Dalam pertandingan selama 50 menit yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Sabtu, pasangan berjuluk The Daddies itu dikalahkan dengan rubber game 21-14, 20-22, 12-21.

“Pertama, selamat kepada mereka (Lee/Wang). Mereka bermain bagus hari ini dan kami sudah berusaha maksimal, tapi kami harus kalah dari pemain yang bermain lebih baik hari ini,” kata Ahsan mengomentari kekalahannya, seperti dilansir laman resmi BWF, Sabtu.

Ahsan menilai lawan yang mereka hadapi itu punya keunggulan di sektor tenaga. Meski sempat memimpin di gim pembuka, namun keadaan berbalik di gim kedua hingga harus bersusah payah mengejar ketertinggalan.

“Tenaga mereka besar sekali, ada di tingkat yang bagus dan lebih semangat dibanding kami. Kualitas itu setara dengan performa mereka, terutama tenaganya ya,” katanya menerangkan.

Keadaan tersebut juga disadari Hendra yang mengaku kesulitan untuk membalikkan keunggulan di gim ketiga karena tekanan dari Lee/Wang semakin kuat.

“Di gim kedua, kami hanya tertinggal skor tipis dan kami sudah berusaha mengejar. Di poin kritis itu justru malah membuat kesalahan. Di gim ketiga mereka memperkuat serangan ke kami, kami tidak bisa menambah poin di situ,” ujar Hendra.

Dengan kekalahan ini, Indonesia kehilangan kesempatan untuk menyabet gelar juara dari semua sektor di turnamen Super 1000 Thailand Open 2021.

 

Sumber: bolasport/antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here