Kamis, April 22, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jelang MotoGP 2021, Petronas Yamaha SRT Jadi Tim Kesembilan Luncurkan Skuad

Petronas Yamaha SRT resmi menjadi tim kesembilan yang telah meluncurkan skuad mereka menjelang MotoGP 2021. Menaungi Valentino Rossi dan Franco Morbidelli, SRT pun menggelar acaranya pada Senin (1/3/2021).

Seperti tim lain, akibat pandemi Covid-19 yang belum mereda, peresmian tim ini digelar secara virtual dan dihadiri oleh para petinggi mereka, dan tentunya para pembalap mereka.

Corak motor YZR-M1 milik Petronas Yamaha kurang lebih masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni didominasi perpaduan warna hitam dan toska seperti warna khas Petronas selaku sponsor utama.

Ini adalah tahun ketiga bagi Petronas Yamaha SRT turun di kelas para raja, usai menjalani debut mereka di MotoGP bersama Morbidelli dan Fabio Quartararo pada 2019.

Franco Morbidelli akan menjalani musimnya yang keempat di MotoGP, sekaligus musim ketiganya di Petronas Yamaha SRT. Pada 2018, ia membela Estrella Galicia 0,0 Marc VDS Honda.

Selama bernaung di Petronas Yamaha SRT, Morbidelli menjalani musim terbaiknya pada 2020. Ia mengoleksi lima podium, yang tiga di antaranya merupakan kemenangan. Ia juga mengakhiri musim sebagai runner up.

Meski masih berusia 26 tahun, Morbidelli dianggap sebagai salah satu rider paling matang berkat ketenangannya dalam menjalani kompetisi dan masalah-masalah tertentu di lintasan.

Usai bertandem dengan Quartararo selama tiga musim, Morbidelli akan bertandem dengan mentornya sendiri di VR46 Riders Academy dan yang sudah seperti kakaknya sendiri, Valentino Rossi.

Rossi sendiri akan menjalani musimnya yang ke-26 di ajang Grand Prix, yang ke-22 di GP500/MotoGP, dan yang ke-16 di bawah naungan Yamaha.Selama berkarier, Rossi sukses meraih sembilan gelar dunia, 235 podium, dan 115 kemenangan. Sayangnya, rider Italia berusia 42 tahun ini belum menang lagi sejak MotoGP Belanda 2017.

Ini adalah pertama kalinya bagi Rossi membela tim satelit sejak GP500 2001 bersama Nastro Azzuro Honda, yakni tahun di mana ia sukses meraih gelar dunianya yang pertama di kelas para raja.

Rossi dan Morbidelli akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6-7 dan 10-12 Maret, yang bakal dilanjutkan dengan dua pekan balap beruntun di trek yang sama pada 26-28 Maret dan 2-4 April. (*/net)

Sumber: Petronas Yamaha SRT

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER