Selasa, Mei 18, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ketua Umum KOI Bantah Terlibat Pembelian Derby County

Sosok Raja Sapta Oktohari, disebut sebagai orang yang menyediakan dana untuk membeli Derby County. Namun, ia memastikan kabar yang beredar tersebut cuma isapan jempol belaka.

Derby County telah menjalin kesepakatan dengan investor baru, No Limits Sports Limited yang dipimpin pengusaha asal Spanyol, Erik Alonso. Proses akuisisi itu tinggal menunggu keputusan pengelola Liga Inggris (EFL).

Bila EFL menyetujui maka Alonso lewat No Limits Sports Limited, menjadi pemilik anyar Derby County. Rencananya, pengesahan tersebut diumumkan pada pekan ini.

Akan tetapi, pakar finansial sepakbola, Kieran Maguire, menyatakan Alonso bukan aktor utama yang membeli Derby County. Ia menyebut Alonso bertugas sebagai negosiator saja.

Berdasarkan sejumlah referensi yang diterima, Maguire mengklaim pembelian Derby County, bukan berasal dari uang pribadi Alonso. Melainkan yang mengucurkan dananya adalah sebuah konsorsium Indonesia, yang mana Raja Sapta terlibat di dalamnya.

“Berita itu tidak benar. Saya memang kenal sama Erik Alonso. Dulu juga kenalnya karena tinju bukan sepakbola,” kata Raja Sapta, saat dihubungi awak media.

“Tapi tidak tahu motifnya apa, karena dia [Alonso] suka mengaku-ngaku seperti itu termasuk ke Bali United,” pria yang juga menjabat sebagai ketua umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) tersebut menambahkan.

Sebelumnya, Alonso sempat mengaku menjadi satu di antara pemilik Bali United. Namun, CEO Serdadu Tridatu Yabes Tanuri, membantah klaim tersebut.

Yabes menyatakan, Alonso tidak pernah menjadi bagian dari Bali United. Ia merujuk kepada keikutsertaan klubnya yang sudah melepas saham di bursa efek Indonesia (BEI).

Persyaratan melantai di bursa efek, setiap perusahaan mempunyai kewajiban merinci jajaran komisaris, direktur independen, komite audit maupun sekretaris perusahaan. Nama Alonso tidak ada di dalamnya.

“Tidak benar bahwa Erik Alonso merupakan owner dari Bali United. Kami perusahaan terbuka yang susunan saham pengendali bisa dilihat secara langsung di IDX [BEI],” ucap Yabes, beberapa waktu lalu.

Bukan kali ini saja Alonso, membawa identitas Bali United di bisnis sepakbola. Saat ingin membeli Sheffield Wednesday tahun lalu, ia telah melakukannya yang kemudian dibantah Yabes.

Sumber: goal indonesia

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER