Selasa, Mei 18, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mandalika Dikunjungi Dorna, Bidik Gelar MotoGP pada Maret 2022

Usai digelarnya MotoGP Doha di Sirkuit Losail, Qatar, pada 2-4 April lalu, wakil FIM dan Dorna Sports mengunjungi Sirkuit Mandalika, Lombok, untuk inspeksi trek pada Rabu (7/4/2021). Menurut MotoGP.com, Jumat (9/4/2021), proses ini dihadiri oleh FIM Safety Officer Franco Uncini, Perwakilan Race Direction Loris Capirossi, dan Managing Director Dorna Sports, Carlos Ezpeleta.

Kedatangan Uncini, Capirossi, dan Ezpeleta pun disambut oleh Direktur ITDC, Abdulbar M. Mansoer, dan CEO MGPA, Ricky Baheramsjah. Proses inspeksi pun berjalan sangat baik, dan mereka merasa terkesan pada evolusi proyek Sirkuit Mandalika, begitu juga progres peningkatan standar keamanannya.

Musim ini, Sirkuit Mandalika berstatus sebagai sirkuit cadangan di kalender balap MotoGP, dan dijadwalkan akan menggelar WorldSBK pada 12-14 November mendatang. Akibat pandemi Covid-19 yang belum berakhir, maka seluruh pihak sepakat untuk menggelar MotoGP Indonesia di sirkuit ini pada Maret 2022 mendatang.

“Saya mendukung penuh gelaran MotoGP untuk diselenggarakan pada Maret 2022. Ini selaras dengan program vaksinasi nasional yang diakselerasi oleh pemerintah Indonesia. Kami ingin menjamin keselamatan pengunjung domestik dan internasional,” tutur Menteri BUMN, Erick Thohir.

Di lain sisi, jika MotoGP bisa digelar di Thailand dan Malaysia menjelang akhir musim ini seperti biasanya, maka sebuah uji coba rencananya akan digelar di Sirkuit Mandalika dan uji coba tersebut nantinya akan dihadiri oleh seluruh pembalap kelas MotoGP.

“Kami berterima kasih kepada FIM dan Dorna yang sudah datang dan melakukan kunjungan teknis yang berjalan baik dan memenuhi ekspektasi mereka. Kami pun memastikan fokus pada penyelesaian proyek pengembangan Mandalika International Street Circuit, sembari memaksimalkan nilai yang bisa ditawarkan gelaran olahraga yang hebat ini,” ungkap Abdulbar M. Mansoer.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, pun mengaku senang atas progres positif ini. “Kunjungan ke Lombok berjalan sangat sukses dan kami bisa mengonfirmasi bahwa Mandalika International Street Circuit akan menjadi salah satu venue paling penting dalam kalender MotoGP pada masa depan,” tuturnya.

“Kami juga memahami bahwa penggemar dari indonesia akan datang berbondong-bondong dan Grand Prix ini akan menjadi salah satu balapan paling ikonik dalam musim balap kami. Indonesia adalah pasar kunci, tak hanya bagi Dorna, melainkan seluruh pihak yang terlibat dalam kejuaraan ini,” pungkas Ezpeleta.

Kini MotoGP, Moto2, dan Moto3 akan menyongsong balapan di Sirkuit Portimao, Portugal, yang akan digelar pada 16-18 April mendatang. Di lain sisi, musim balap WorldSBK, WorldSSP, dan WorldSSP 300 baru akan digelar pada 21-23 Mei nanti di Sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol.

Sumber: MotoGP

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER