Selasa, Mei 18, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rontok, Manchester United, Arsenal, Chelsea dan Manchester Ciry Mengundurkan Diri dari ECA

Di saat memutuskan untuk mengikuti kompetisi yang baru, ketiga klub Liga Primer Inggris itu memastikan keluar dari Asosiasi Klub Eropa.

Manchester United, Chelsea, dan Arsenal mengundurkan diri dari Asosiasi Klub Eropa (ECA) dan Ed Woodward mengundurkan diri dari posisinya di UEFA setelah rencana Liga Super Eropa diumumkan.

Rencana pembentukan kompetisi Eropa yang baru diumumkan pada Minggu (18/4) kemarin, dengan sejauh ini sudah ada 12 klub pendiri yang terdaftar, termasuk The Red Devils dan The Gunners.

Goal memahami, keputusan untuk bergabung dengan Liga Super Eropa berarti kedua klub telah mengundurkan diri dari ECA, ditambah dengan Woodward tidak lagi memerankan posisinya di UEFA dan CEO Arsenal Vinai Venkatesham telah mundur dari posisinya di dewan ECA.

Woodward, executive vice-chairman United, ditunjuk ke dalam Dewan Strategi Sepakbola Profesional UEFA sebagai perwakilan ECA pada September 2017. Perannya adalah memebri nasihat dan membantu dalam struktur badan pengatur sepakbola Eropa, tapi dengan Liga Super Eropa melepaskan diri dari kompetisi tradisional Eropa UEFA, dia tidak lagi memerankan posisi itu.

Sementara itu, Venkatesham baru terpilih untuk dewan ECA dua bulan yang lalu. Saat itu, ada pernyataan dari klub yang berbunyi: “Kami senang bahwa Vinai telah ditunjuk sebagai dewan Asosiasi Klub Eropa dan sangat penting untuk membantu pembentukan masa depan permainan bersama UEFA dan FIFA.”

United juga mengonfirmasi, co-owner Joel Glazer akan menjadi wakil ketua liga yang baru.

Keterlibatan United dan Arsenal di Liga Super Eropa itu juga berarti mereka tidak akan menjadi bagian dari ECA, yaitu badan profesional yang mewakili kepentingan klub-klub di kompetisi UEFA. Langkah ini adalah pernyataan keinginan 12 klub pendiri untuk mendorong terbentuknya liga yang baru.

Chelsea juga ikut meninggalkan ECA, demikian konfirmasi Goal, Senin (19/4).

Seperti diketahui, 12 klub termasuk City, Manchester United, Liverpool, Juventus, Inter Milan, telah mengumumkan untuk membuat sebuah kompetisi baru yang mendapatkan kritikan luas dari seluruh fans.

Suporter Man City yang marah melakukan protes dengan meletakkan berbagai banner di luar Etihad Stadium, dan mereka bahkan merencanakan untuk menggelar demonstrasi.

Dengan berbagai tekanan dan kritikan dari berbagai sudut, manajemen Man City merasa khawatir dengan semua reaksi negatif tersebut, sehingga memutuskan untuk menarik diri dari Liga Super.

“Manchester City dapat mengonfirmasi bahwa klub secara resmi memberlakukan prosedur untuk mengundurkan diri dari grup yang mengembangkan rencana untuk Liga Super Eropa,” tulis pernyataan klub.

Sebelumnya, Pep Guardiola sangat geram dengan situasi yang ada, dan ia tidak segan menunjukkan hal tersebut dalam konferensi pers jelang pertandingan menghadapi Aston Villa.

“Bukan olahraga jika tidak masalah jika Anda kalah. Saya sudah banyak mengatakan, saya ingin kompetisi terbaik. Tidak adil jika tim berjuang di papan atas dan tidak bisa lolos.”

Dari La Liga Spanyol ada Atletico Madrid, Real Madrid, dan Barcelona, serta Serie A Italia diwakili Juventus, Inter Milan, dan AC Milan.

sumber: goal indonesia

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER