Shin Tae-Yong Minta Pemain Timnas Indonesia U-19 Tetap Semangat

0

Segalanya tak berjalan semulus harapan untuk timnas Indonesia U-19, namun Shin Tae-yong berharap para pemain tetap bisa menjaga semangat.

Timnas Indonesia U-19 awalnya dipersiapkan sebagai cikal timnas Indonesia yang tampil pada Piala Dunia U-20 2021. Sayang, semuanya pupus karena Piala Dunia U-20 2021 dibatalkan oleh FIFA sebagai pemilik kejuaraan.

Pandemi virus corona yang masih melanda dunia membuat FIFA membatalkan kejuaraan tersebut, karena mengutamakan keselamatan dan kesehatan. Sebagian besar pemain timnas U-19 pun otomatis harus melupakan mimpi mereka.

Kini tinggal Piala Asia U-19 2020 tahun ini yang menjadi harapan Rendy Juliansyah dan kolega, mereka pun tetap melakukan pemusatan latihan (TC) di Spanyol, dan telah berada di Negeri Matador sejak akhir Desember 2020.

Lagi-lagi rencana tak semulus kenyataan, karena TC tersebut tidak bisa maksimal. Pasalnya kasus virus corona di Spanyol sedang melonjak, dan membuat timnas U-19 tidak dapat melakoni uji coba melawan klub atau pun negara, di Spanyol.

Shin Tae-yong, pelatih timnas U-19, hanya bisa berpesan supaya para pemain tetap bersemangat menghadapi realita yang terjadi. Sosok asal Korea Selatan itu menilai anak asuhnya tetap memperlihatkan progres yang bagus.

“Tentu bila ada pertandingan uji coba pemain akan semakin berkembang. Kami tidak dapat menjalani uji coba karena kondisi Covid-19 di Spanyol yang tinggi, dan berimbas tidak mendapatkan izin untuk uji coba,” ujar Tae-yong, dikutip situs resmi PSSI.

“Selama tiga pekan di Spanyol, kami hanya melakukan dua kali gim internal. Kami harap pemain terus bersemangat, kerja keras, serta selalu bermain maksimal. Mereka kariernya masih panjang, dan menjadi generasi penerus timnas Indonesia U-23 mau pun senior,” imbuh dia.

Seluruh tim sudah bertolak ke Indonesia pada 13 Januari, waktu setempat. Diekspektasikan para anggota Garuda Muda tiba di Indonesia pada Kamis (14/1) besok, dan langsung menjalani karantina mandiri selama lima hari.

PSSI mengumumkan bahwa dua pemain tidak ikut rombongan bersama skuad yang terbang balik ke Indonesia. Pemain tersebut adalah gelandang Indonesia-Jerman, Kelana Mahessa, serta pemain sayap, Khairul Imam Zakiri.

“Untuk Kelana Mahessa, ia kembali ke Jerman, dan Khairul Imam Zakiri bertahan di Spanyol karena langsung bergabung ke klubnya Gymnastica Cueta, yang sekarang berubah nama menjadi CD Polillas,” kutip PSSI via laman resmi mereka.

Sumber: goal indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here