Tak Kunjung Ada Kejelasan, PT LIB Bakal Gelar Pertemuan Dengan Pemilik Klub Bahas Nasib Kompetisi

0

Sampai sekarang masa depan kompetisi masih tidak jelas karena Polri belum memberikan izin.

PT Liga Indonesia Baru (LIB), bakal mengumpulkan pemilik klub Liga 1 dan Liga 2, pada 22 Januari mendatang. Pertemuan tersebut untuk membahas nasib kompetisi.

Sampai sekarang nasib kompetisi masih tidak jelas. Kepolisian Republik Indonesia (Polri), tak kunjung memberikan izin yang merupakan syarat utama menggelar pertandingan.

Bila Polri tidak mengasih izin, rencana PSSI dan PT LIB melaksanakan Liga 1 pada Februari 2021, dipastikan pupus. Situasi tersebut yang perlu dibicarakan kepada pemilik klub.

“Owner’s Meeting Liga 1 dan Liga 2 secara virtual. Rencananya 22 Januari [2021]. Liga 1 digelar pagi hari, kemudian Liga 2 pada sore harinya,” kata direktur utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita.

“Kami akan menanyakan ke klub-klub bagaimana kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020, apakah lanjut atau tidak. Pada rapat itu mudah-mudahan kami akan tahu, apakah paling banyak memilih liga ini lanjut atau tidak,” Akhmad menambahkan.

Akhmad menjelaskan pertemuan tersebut terjadi karena permintaan PSSI. Nantinya, hasil dari agenda itu bakal diberitahukan kepada federasi sepakbola nasional tersebut.

“Kami akan laporkan ke PSSI, karena pertemuan ini juga kan sebenarnya atas saran PSSI. Kami akan sampaikan ke PSSI, sebagai bahan pertimbangan untuk rapat Exco [komite eksekutif],” ujarnya.

Tidak adanya kepastian Liga 1 bergulir membuat sejumlah klub kehilangan pemain asingnya. Bahkan Madura United dan Persipura Jayapura, memilih membuarkan tim karena kesulitan finansial.

Liga 1 sempat berjalan selama tiga pekan. Akan tetapi, PSSI memutuskan untuk menghentikannya pada pertengahan Maret lalu, karena pandemi virus corona melanda Tanah Air.

Pada 1 Oktober lalu, PT LIB sempat berencana menggelar kembali Liga 1. Namun, PSSI terpaksa menundanya beberapa hari sebelum sepak mula dilakukan karena Polri emoh mengeluarkan izin.

Sebelum Liga 1 dihentikan, Persib Bandung menjadi satu-satunya kontestan yang mampu menyampu bersih kemenangan. Maung Bandung, untuk sementara bercokol di posisi pertama dengan koleksi sembilan poin.

Saat ini hampir seluruh klub Liga 1, sudah menghentikan aktivitas latihan bersama. Para pemain diperintahkan berlatih mandiri di kediaman masing-masing untuk menjaga kondisinya.

sumber: goal indonesia-pssi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here