Tak Mau Kalah dengan Rossi, Vinales Bersama Ayahnya Kini Dirikan Tim Balap Maverick Racing Team

0

Maverick Vinales mengikuti jejak eks rekan setimnya di Yamaha, Valentino Rossi, dalam urusan mendirikan tim balap bagi pembalap muda. Maverick Vinales tak mau kalah dari Valentino Rossi untuk terjun dalam bisnis tim balap motor setelah mendirikan Maverick Racing Team.

Maverick Racing Team merupakan proyek tim balap yang dibangun oleh Maverick Vinales bersama ayahnya, Angel Vinales. Maverick Racing Team tidak akan turun pada ajang MotoGP melainkan World Superbike, tepatnya pada kelas WorldSSP300.

Tak sekadar meraih prestasi di dalam lintasan, Maverick Racing Team juga memiliki misi untuk membantu talenta muda menuju ke pentas dunia balap motor. Vinales telah menyatakan harapannya akan program pembinaan pembalap muda di Spanyol setelah mengunjungi motor ranch Rossi.

Motor ranch Rossi memuat tempat latihan bagi akademi VR46. Rossi juga menyediakan fasilitas lain bagi pembalap VR46 seperti gym hingga les bahasa Inggris. “Itu luar biasa. Sangat aneh para pembalap Spanyol tidak memilikinya,” ujar Vinales, dilansir dari Motorsport.

“Kami (pembalap Spanyol) ada banyak di MotoGP dan memiliki level yang sangat bagus. Kami seringkali berada di posisi 10 besar. Saya menginginkan fasilitas yang sama.”

Sumbangsih Maverick Vinales tertuang dalam tim balapnya sendiri.

Angel Vinales selaku ayah kandung sang pembalap membeberkan bahwa proyek tim balap ini sudah direncanakannya sejak lama. “Sudah lama saya ingin memulai proyek seperti ini, memiliki tim sendiri dan memberi pembalap muda kesempatan untuk menunjukkan bakat mereka,” kata Angel Vinales.

“Saya merasa sangat puas telah mewujudkannya dan saya tidak sabar memulai musim 2021

Angel Vinales akan memimpin proyek Vinales Racing Team. Dikutip dari GPOne, Vinales Racing Team akan mengandalkan motor Yamaha YZF-R3 yang disiapkan oleh Yamaha Austria Racing Team (YART).

Menarik melihat Maverick Vinales lebih dahulu memiliki tim balap dengan motor Yamaha daripada Valentino Rossi yang sudah lama berkecimpung.

Kerja sama Valentino Rossi dengan Yamaha selama ini terbatas di perlengkapan latihan karena pabrikan Iwata hanya turun di kelas utama pada ajang MotoGP. Tim Sky Racing VR46 selama ini menggunakan motor balap KTM pada kelas Moto3 dan motor dengan sasis buatan Kalex pada kelas Moto2.

Kolaborasi Sky Racing VR46 dengan Yamaha di lintasan balap paling cepat akan terlihat pada tahun depan, ketika Rossi membawa tim balapnya bersaing di MotoGP. Meski begitu, belum ada kepastian mengenai peluang tim VR46 untuk menjadi tim satelit Yamaha pada kelas para raja di MotoGP.

Sumber: Motorsport.com,GPOne.com,WorldSBK.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here